• Home
  • /
  • Wedding
  • /
  • Rangkaian Pernikahan Adat Korea Selatan yang Penuh Makna

Rangkaian Pernikahan Adat Korea Selatan yang Penuh Makna


Pernikahan merupakan upacara sakral yang mengikat kedua mempelai dengan tujuan untuk hidup bersama dan saling membahagiakan. Setiap Negara tentunya memiliki ciri khas dan tradisi pernikahan yang merepresentasikan budaya bangsa. Tak hanya Indonesia, pernikahan adat Korea Selatan juga masih menjadi pilihan sebagian masyarakat walaupun sudah banyak yang beralih ke pernikahan modern ala barat.

Menyelenggarakan pernikahan adat menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Korea. Karena warisan leluhur dari Dinasti Joseon yang merupakan kerajaan terakhir Korea sarat akan makna dan nilai-nilai budaya. Berikut Bridespedia rangkum penjelasan mengenai pernikahan adat Korea Selatan.

Rangkaian Pernikahan Adat Korea Selatan yang Penuh Makna

Busana Pengantin Tradisional Korea

@semi_kxxk

Seperti halnya di Indonesia, mempelai pria dan wanita juga mengenakan baju tradisional. Pengantin pria mengenakan pakaian tradisional gwanbok lengkap dengan topi, sabuk, dan sepatu. Sedangkan pengantin wanita mengenakan hanbok atau jeogeri berwarna cerah dengan make up sederhana dan dua titik merah di bagian pipi yang melambangkan pencegahan dari roh jahat.

Tarian Tradisional

@blanca_madrigal
koreanculture.org

Sebelum upacara pernikahan dimulai kedua pengantin akan diarak menggunakan tandu yang diiringi oleh musik tradisional. Setelah itu terdapat penampilan tari tradisional untuk tamu undangan. Tari tradisonal yang ditampilkan adalah samulnori atau tari perkusi tradisional Korea. Lalu ada juga pertunjukan tari buchaechum atau tarian kipas yang dibawakan oleh kelompok wanita.


Ritual Pernikahan Adat Korea Selatan

Dilansir dari upi.edu terdapat lima ritual pernikahan adat Korea Selatan yaitu sebagai berikut:

1. Jeonanrye

pernikahan adat korea selatan
@dimaminji

Jeonanrye merupakan penyambutan kedatangan pengantin laki-laki di keluarga wanita. Alur dari prosesi ini adalah pemberian kireogi (angsa liar) dari pengantin pria kepada ibu mempelai wanita di halaman rumah sang wanita. Proses ini melambangkan janji setia pengantin pria kepada pengantin wanita. Dahulu kireogi menggunakan angsa liar namun saat ini menggunakan angsa berbahan kayu agar lebih mudah.

2. Gyeo Bae Rye

pernikahan adat korea selatan
@tracyel_researcher

Proses kedua dari pernikahan adat korea adalah gyeobaerye. Acara ini dilakukan dengan saling membungkukkan badan yang menandakan pertemuan antara kedua mempelai. Pengantin wanita terlebih dahulu membungkukkan badan sebanyak dua kali kemudian sebagai balasan pengantin pria membungkukkan badan satu kali.

3. Seo Cheon Ji Rye

@laufpfwannie

Tahap ini kedua pengantin akan membuat sumpah atau janji kepada dewa langit dan bumi. Setelah itu mengucap janji satu sama lain atau yang disebut dengan Seo Bae Woo Rye.

4. Hapgeullye

pernikahan adat korea selatan
@tracyel_researcher

Di dalam ritual ini, mempelai pengantin akan minum angggur yang disajikan dalam gayung labu. Proses ini menjadi simbol pasangan yang dilahirkan terpisah kini bersatu kembali dalam ikatan pernikahan.

5. Paebaek

pernikahan adat korea selatan
@ourkitchenourlife
pernikahan adat korea selatan

Tinggalkan Balasan